FA & Valuation: Mitrabahtera Segara Sejati (MBSS)


Source: MBSS's Annual Report (2018)

PT Mitrabahtera Segara Sejati didirikan pada 24 Maret 1994. Menurut Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan Perusahaan ialah menjalankan usaha bidang pelayaran, angkutan laut, baik barang maupun penumpang, pengangkutan minyak dari pusat pengilangan.
Selain itu, perusahaan juga menjalani bidang usaha penyewaan kapal laut, perwakilan pelayaran dari perusahaan pelayaran angkatan laut, baik pelayaran tetap maupun tidak tetap untuk pelayaran di dalam negeri dan di luar negeri.

Perusahaan juga menjalankan usaha agen  perkapalan  perusahaan  pelayaran, pelayaran kapal tunda, penyewaan peralatan pelayaran dan pelayaran luar negeri antar negara (pelayaran samudera), pengelolaan kapal dan keagenan awak kapal.

Source: MBSS's Annual Report (2018)

MBSS memiliki beberapa anak perusahaan jenis pelayaran yang telah beroperasi, yaitu: PT Mitra Swire CTM (persentase kepemilikan 70%) dan PT Mitra Alam Segara Sejati (persentase kepemilikan 60%). Perusahaan juga memiliki anak usaha untuk menjalankan kegiatan jasa konsultasi, yakni PT Transship Teknik Solusi (persentase kepemilikan 99%).

MBSS memperoleh pernyataan efektif dari Bapepam-LK untuk melakukan penawaran umum atas 175.000.000 saham perusahaan kepada masyarakat. Saham perusahaan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia pada 6 April 2011. 

MBSS tergabung ke dalam kelompok usaha Indika Energy di tanggal yang sama. Seluruh saham perusahaan tercatat 1.750.026.639 tercatat di Bursa Efek Indonesia. Fokus utama bisnis MBSS terkini ialah jasa logistik atau transportasi laut barang curah, utamanya batubara.

Silahkan hubungi kami melalui contact untuk mendapatkan full analysis report versi PDF.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel