Memahami Jenis & Fungsi Disagregasi RNOA (1)

Photo by rawpixel.com from Pexels
Return on Net Operatingi Asset cukup berguna untuk mengevaluasi kinerja manajemen dan menganalisa profitabilitas dari kegiatan operasional.
Namun angka dari RNOA sendiri kurang berarti apabila kita tidak mendisagregasi.

Seperti yang kita ketahui, rumus RNOA ialah:

Net Operating profit after tax/Average Net Operating Asset

Kita harus mendisagregasi RNOA menjadi dua komponen guna menganalisa lebih dalam. Disagregasi RNOA: 

NOPAT/Average NOPAT: NOPAT/Sales X Sales/Average NOA

NOPAT to Sales dapat kita sebut sebagai NOPAT Margin. Komponen ini merupakan perhitungan profitabilitas operasional perusahaan dibandingkan sales. 

Sedangkan Sales to Average NOA dapat kita sebut sebagai NOA turnover. Komponen ini bermanfaat bagi kita untuk mengetahui keefektifan manajemen dalam menggunakan operating asset guna mencetak sales. 

NOPAT Margin dan NOA turnover merupakan komponen yang cukup berarti dan dibutuhkan dalam meriset profitabilitas perusahaan. NOPAT margin berkaitan dengan sales dikurang cost, lalu cost of sales, selling expenses, dan administrative and other expenses. 

Sedangkan NOA turnover berkaitan dengan net operation working capital, long term net operating asset dan akun-akun operasional aset dan operasional liabilitas. 

Selain dua komponen tersebut, kita juga dapat melihat pengaruh atau efek dari operating leverage dalam meningkatkan atau menurunkan RNOA. Rumusnya sederhana:

NOPAT/Average NOPAT: NOPAT/Sales X Sales/Average OA X (1+OLLEV)

OLLEV ialah Average Operating Liabilities/Average NOA. Ini merupakan rasio operating liability leverage. Jika 

Intuisi di balik persamaan ini adalah: kewajiban operasional umumnya tidak memerlukan biaya jika digunakan secara bijaksana. Misalnya, meningkatkan account payable dengan menunda pembayaran memungkinkan perusahaan untuk menggunakan modal pemasok yang rendah atau tidak dibayar di muka jika tidak dibatalkan.

Karena OLLEV adalah angka positif, meningkatkan OLLEV dapat meningkatkan RNOA. Sebab OLLEV menurunkan NOA, tidak meningkatkan NOPAT dan hasilnya meningkatkan RNOA. 

Kami akan membahas lebih lanjut mengenai disagregasi RNOA dan menghitung disagregasi RNOA ICBP. Lalu membandingkan RNOA ICBP dengan perusahaan sejenis, MYOR, pada artikel selanjutnya.

Belum ada Komentar untuk "Memahami Jenis & Fungsi Disagregasi RNOA (1)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel